-->

Cara Memasang AC R32


Dalam dunia pendingin Akhir tahun 2015an merupakan babak baru. Air conditioner mulai kedatangan produk baru/kebijakan baru. Semua unit air conditioner yang dipasaran tidak lagi menggunakan R22, tetapi menggunakan R32. Teknisi di dunia pendingin memerlukan sedikit penyesuaian untuk menaganan R32 ini. Karena Refrigran ini sangat berbeda dengan R22. Ada beberapa hal yang sangat perlu diperhatikan dalam pemasangan air conditioner R32. Sebelum kita lihat perbandingan dari R32, R410A dan R22.
Cara memasang AC R32
Air Conditioner R32
 

R32
R410A
R22
ODP ( Potensi Penipisan Ozon )
0
0
0,055
GWP ( Potensi Pemanasan Global )
675
2090
1810
Flamability
A2L
AL
AL
Komposisi
Tunggal
2 Komponen
Tunggal
Rasio Pencampuran
CH2F2
CH2F2.CHF2CF3
CHCLF2
Titik Didih dalam Derajat Celsius
-517
-515
-408
Tekanan
16 Kali
16 Kali
1kali
Oli
Sintetis (FW50S)
Sintetis ( FW50S)
Mineral
Tekanan Kerja dlm Psig
130.5 - 174
130.5 - 174
58 - 87
Tekanan Kerja dalam Mpa
0.9 - 1.2
0.9 - 1.2
0.4 - 0.6

R23 cenderung ramah lingkungan, karena refrigan 32 tidak beracun dan mempunyai waktu hidup yang singkat. Yaitu 4-9 tahun setelah terlepas dari atmosfir bumi. hal ini pula yang menjadi dasar pemerentah untuk mengurangi pemanasan global, produsen air conditioner harus menggunakan R32 dan tidak lagi menggunakan R22.
Alat Kerja :
1. Cutter pipa dan reamer
2. Flaring pipa AC
3. Kunci Torsi/torque wrench
4. Manifold gaunge
5. Pompa Vakum/ Vacuum Pump
6. Tang Ampere ( Clamp Meter )
7. Multi tester
8. Timbangan digital
9. Kunci L/ Hexagonal
10. Thermometer
11. Tool set
  
Proses Instalasi


Dlam prosem pemasangan, pada umumnya sama. Hanya saja ada hal – hal yang perlu diperhatikan. 

A.    Pemipaan
Pilihlah pipa tembaga dengan ketebalan minimal 0,6 mm. Tentunya pipa yang akan dipasang harus kering dari uap uap air, munyak/oli, bersih dari debu dan kotoran. Sangat tidak disarankan menggunakan pipa bekas dari AC R22. Karena hal ini memungkinkan ada kotoran dan bekas oli didalamnya. Jangan lupa beri pembungkus pipa. Oli yang digunakan adalah oli POE yang mempunyai karakteristik sangat kuat menyerap air, dan uap air dari udara. Ini akan membuat lebih banyak reaksi menjadi asam, membuat oli jadi jelly dan seperti lumpur. Tinggal menunggu waktu kapan ACnya rusak, tergantung kondisi pemakaian. Jadi kalau masih dingin dalam 1 bulan 2 bulan, belum tentu tidak bermasalah, tinggal tunggu waktu! Itulah sebabnya AC baru sekarang dengan oli POE, MUTLAK divakum. Tidak bisa lagi dengan cara lama AC R22.
B.    Kabel Listrik 
Gunakan kabel standar yang disarankan oleh unit. Misalnya Contoh 3X2,5mm untuk Ac s/d 1,5 HP. Dalam memberikan suplay daya listrik pada AC sebaiknya menggunakan MCB tersendiri. Hal ini memudahkan jika terjadi kerusakan/trobel pada AC. Dan ada baiknya menggunakan steker/colokan tersendiri. Kabel indoor-outdoor sebaiknya sesuai dengan panjang pipa yang digunakan dan jangan ada sambungan. Yang biasanya dilupakan adalah measang kabel pada Arde/ground, AC R32 arde tersebut harus anda pasang.

C.   Ceking performa unit
Luangkan waktu anda sebentar untuk melihat performa AC R32 yang telah anda pasang. Hidupkan AC sekurang-kurangnya 15 menit dan siapkan alat-alat untuk mengukurnya. Mulai dari mengukur selisih udara indoor dan outdoor (selisih ± 80C). Ukur juga pressur R32 dan arus listriknya. Teknisi juga harus peka terhadap suara bising yang ditimbulkan unit AC R32 dan pastikan pembuangan air AC telah lancar.

Kita akan mempunyai nilai lebih jika setelah semua selesai dengan baik, teknisi pendingin mau berbagi cara merawat/serviceAC secara sederhana dan pentingnya perawatan AC. Yang memungkinkan untuk dilakukan oleh pengguna AC. Dan tentunya juga memberikan informasi tentang cara pengoprasin unit air conditioner.
SHARE

Wijaya AC

Air Conditioner, Service AC, Kode Error, AC tidak Dingin, Harga Service AC,Harga AC,Menentukan PK AC, Daya Pendinginan.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Salam Kenal, salam Dingin Anugrah Teknik Abadi

    ReplyDelete
  2. Mau tanya dong....ac sy sharp inverter sebulan ini sy isi freon sampe 3x dan sekarang panas lagi, di cek sama tukang service pake air sabun tdk ditemukan kebocoran. Kira2 masalahnya apa ya? Awal mula masalah timbul Sama tukang service pertama saya dikenakan ganti pipa karena saya mindah ac, dia mengerjakan bongkar pasangnya....mohon bantuan info agar ac saya bisa dingin lagi dong

    ReplyDelete