-->

Fungsi Kompresor Air Conditioner


Fungsi Kompresor AC
Kompresor AC

Air conditioner terdapat beberapa bagian yang sama penting dan saling menompang dan melengkapi. Tetapi kita akan sedikit membahas bagian paling penting dari AC. Karena alat inilah yang nantinya akan menentukan proses pendinginan pada ruangan anda atau sebagai pemompa kalor/panas. Yang kita bahas adalah kompresor. Pada umumnya penempatan kompresor berada di  unit outdoor (kecuali ac window). Tentunya outdoor air conditioner tidak hanya terdapat kompresor saja, tetapi masih banyak komponen yang lain.




Didalam kompresor terdapat motor kompresor yang menjadi alat kompresi. Kompresi terjadi dengan sistem tipikal piston yang bergerak naik dan turun dalam sebuah silindir motor compresor AC. Gerak tersebut menjadikan pompa penghisap refrigran pada tekanan renda. Dan memampatkan refrigran menjadi gas yang mempunyai tekanan dan suhu yang tinggi. Gas refrigran yang mempunayi suhu dan bertekanan tinggi akan memasuki kondensor air conditioner dan mengalami proses pendinginkan dan akan mengalami perubahan masa gas menjadi cair. Gas refrigran pada evap(unit indoor AC) akan menyerap/mengikat kalor/panas. Sehingga udara ruangan menjadi dingin. Sementara suhu panas yang terikat oleh refrigranakan akan dihembuskan keluar oleh kipas melewati koil kondensor AC. Refrigerant cair kemudian kembali ke unit indoor.




Pada prinsipnya, sistem refrigerasi bergantung pada dua macam perubahan bentuk refrigerant, yaitu perubahan dari bentuk gas ke cair dan sebaliknya, perubahan bentuk cair ke gas. Perubahan bentuk refrigerant inilah yang memindahkan panas dari dalam ruangan keluar ruangan dengan cara menyerap panas selama proses evaporasi (didalam evaporator coil) dan melepaskan panas selama proses kondensasi (didalam kondensor AC). Adanya tekanan akan menaikkan titik penguapan refrigerant (perubahan bentuk cair menjadi gas) atau titik kondensasi refrigerant (perubahan bentuk dari gas ke cair). Pada sistem air conditioner, titik kondensasi merupakan suhu diatas suhu lingkungan (jika yang dipakai untuk mendinginkan condenser coil adalah udara), jika tidak maka kondensasi gas refrigerant  menjadi bentuk cair tidak akan terjadi.




Pada kebijakan pemerintah yang baru, terkait penggunaan pelumas dalam kompresor AC adalah POE. Dalam penerapannya produsen menggunakan pelumas POE pada R32. Tetapi sifat POE adalah sangat kuat menyerap air dan uap air dari udara. kalau ada uap air dalam sistem pendinginan, oli POE langsung menyerap 2.500 ppm air. Ini akan membuat lebih banyak reaksi menjadi asam,membuat oli jadi jelly dan seperti lumpur. Hal ini perlu mendapat perhatian kusus demi terjaganya kompresor sehingga kinerja AC dalam pendinginan bisa maksimal. Baca cara memasang AC R32.




Kompresos perlu mendapat perlakuan yang baik sedari pemasangan awal unit AC. Karena mengingat kerusakan pada kompresor AC akan menguras kantong. Ketika kompresor anda rusak, maka anada akan menghabiskan anggran sebanding dengan ±50% harga pembelian unit air conditioner yang baru.
SHARE

Wijaya AC

Air Conditioner, Service AC, Kode Error, AC tidak Dingin, Harga Service AC,Harga AC,Menentukan PK AC, Daya Pendinginan.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment