-->

Kode Error E3 AC Polytron

Kami akan berbagi pengalaman penanganan kode error Air Conditioner. Terkadang sebuah unit memunculkan kode tertentu untuk mengetahui kondisi dari unit tersebut. Namun tidak semuanya mampu memahami hla tersebut dengan mudah. Padahal adanya kode error adalah untuk mempermudah penanganan unit tersebut. Kode error E3 ini ada pada air conditioner Standing floor merk Polytron dengan kapasitas 3 PK, 3 fasa. Berikut langkah – langkah penanganan kode error E3 pada AC polytron;
a.       Mengghidupakan AC Polytron
Unit Indoor menyala dan pada displaynya terdapat tulisan E3. Sedangkan pada unit outdoor mati
b.      Menerjemahkan Kode Error E3
Saya mencari refrensi, arti tulisan E3 pada display air conditoner standing floor merl polytron tersebut. Refrensi tersebut menjelaskan kurang lebihnya refrigrannya kosong
c.       Mencari kebocoran
Dengan ilmu yang saya dapat dari para master di dunia pendingin. Bahwa refrigan akan berkurang/habis hanya jika ada kebocoran. Maka saya mencari titik kebocoran dengan mencari bekas oli yang ditinggalkan dan mencari lubang kebocoran. Pada waktu itu bekas oli bahkan lubang kebocoran tidak saya temukan. Saya hanya mengencangkan kembali sambungan sambungan-sambungan yang ada. Semestinya pengecekan dengan mendorongkan nitrogen, tetapi kemampuan saya tidak ada untuk membeli nitrogen. Dan memberi angin pada unit tersebut juga tidak direkomendasikan
d.      Vakum dan pengisian refrigran
Sebelum saya melakuakan pengisian ulang refrigran, saya menjelaskan kepada pemilik unit terkait pemilihan refrigran yang ingin digunakan. Waktu itu saya merekomendasikan untuk sekalian penggantian menggunakan refrigran hidrokarbon merk musicool. Mulanya unit tersebut refigrannya adalah R22. Setelah negosiasi harga dan menjelaskan untuk rugi menggunakan musicool, pemilik unit setuju menggunakan musicool 22. Untuk memastikan kebocoran, kami kembali mengecek kebocoran. Kebocoran tidak ditemukan.
e.      Testing
Setelah unit terisi dan dipastikan tidak adanya kebocoran. Air conditioner standing floor merk Polytron kami nyalakan. Alat pengukur kami pasang untuk mengetahui performanya. Kode error E3 pada display unit indoor AC polytron tidak lagi muncul. Unit outdoor kembali menyala.
Perbandingan pengecekan Ampere AC Standing Floor pada unit yang di tangani dengan standing floor di ruang CNC Lantai 2 dengan hasil sebagai berikut.


MC 22
R 22
T
6     A
8,3 A
S
7,2 A
9,5 A
R
5,2 A
7,1 A



Data diatas menjelaskan bahwa unit dalam keaadan baik serta adanya penurunan ampere dari yang menggunakan R22 dengan menggunakan musicool 22 (m22)
SHARE

Wijaya AC

Air Conditioner, Service AC, Kode Error, AC tidak Dingin, Harga Service AC,Harga AC,Menentukan PK AC, Daya Pendinginan.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. sy menemukan kode eror e3 di indoor ac polytron,sementara indoornya hidup,outdoor mati,apa penyebabnya kah,

    ReplyDelete