-->

Cara Mengetahui Ukuran AC dari Kode



Bagaimana mengetahui kapasitas ukuran pada PK AC yang kita beli. Sering kali pembeli ingin memastikan air conditioner yang dibeli sesuai dengan  kapasitas PK AC yang diinginkan. Biasanya para pembeli percaya saja dengan penjual. Setelah itu barang dikirim kerumah. Walaupun begitu terkadang masih saja muncul rasa penasaran dengan air conditioner yang dibeli sebenarnya ukuran PK Acnya berapa. Hal ini terbukti, ketika ada teknisi pendingi datang kerumah untuk memasangkan air conditionernya, pertanyaan yang sering kali dilontarkan adalah “ AC itu berapa PK mas?”. Itu menandakan bahwa pembeli masih kurang yakin betul dengan air conditionernya. 

Setiap kemasan produk tentunya memberikan beberapa informasi tentang produk yang ada didalamnya. Seperti halnya pembungkus makanan, kita disuguhkan beberapa informasi tentang prosuk makanan yang ada didalamnya. Mungkin salah satu informasi yang tetrtera didalam pembungkusnya adalah rasa makanan tersebut. Tanpa kita membuka pembungkus dan mencicipi makanannya, dari label yang ada kita mengetahui gambaran rasa dari makanan tersebut. Begitu halnya dengan pembungkus air conditioner, produsen sudah emberikan informasi pada label pembungkus dari air conditioner yang ada didalam. Memang kalo kita mencari tulisan berapa PK air conditioner tersebut secara gamblang, tidak akan ada. Kare sebenarnya satuan daya pendingin adalah BTU/hr. Tetapi masyarakat awam lebih familiar menyebutnya dengan PK AC.

Kode AC menurut PK misalnya merk dan type AC panasonic CS PC5JKJ, AC Sharp AH-AP7MSL ,  AC SHARP AH-AP09KHL kode angka yang berwarna merah itulah yang bisa di jadikan acuan besaran PK nya.
1.  5  = 5000 BTU/hr   =1/2 pk
2.  7  = 7000 BTU/hr   =3/4 PK
3.  9  = 9000 BTU/hr   =   1 PK
4. 12 = 12000 BTU/hr = 1,5 PK
5. 18 = 18000 BTU/hr =2 PK
6. 24 = 24000 BTU/hr =2,5 PK
Kode angka ac tersebut juga berarti besaran BTU, ada juga AC dengan kode 05 tetapi BTU nya hanya 4500 BTU bisa di bilang AC ini 1/2 PK low watt dan pastinya proses pendinginan ruangannya akan lebih lama bila di bandingkan dengan AC 1/2 pk yang berkapasits 5000 BTU.
PK AC dengan Kode
Ilustrasi PK AC

Kelengkapan informasi mengenai air conditioner biasanya ada pada unitnya, bisa pada unit indoor atau unit outdoor. Kelengkapan informasi termasuk tentang bebasaran beban daya listrik yang akan diserap oleh air conditioner anda. Nah, jika menginginkan air conditioner hemat  maka ukuran PK AC harus sesuai dengan ukuran ruangan anda. Baca juga cara mengetahui PK AC yang sesui denganruangan. Jika ingin mengetahui informasi spesifik mengenai unit anda. Anda bisa meminta teknisi anda untuk menjelaskan informasi yang tertera pada label.
SHARE

Wijaya AC

Air Conditioner, Service AC, Kode Error, AC tidak Dingin, Harga Service AC,Harga AC,Menentukan PK AC, Daya Pendinginan.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

19 komentar:

  1. THANKS YA., SANGAT MEMBANTU SEKALI

    ReplyDelete
  2. Mau tanya ac plit 1 1/2 PK beda sama 1.5 PK ya ?

    ReplyDelete
  3. Mau tanya ac plit 1 1/2 PK beda sama 1.5 PK ya ?

    ReplyDelete
  4. Mau tanya ac plit 1 1/2 PK beda sama 1.5 PK ya ?

    ReplyDelete
  5. Mw tanya bagai mana cara menghitung PK ac lewat ampere

    ReplyDelete
  6. Jika code nya 2rs110d3aa02 ITU berapa PK bg?

    ReplyDelete
  7. Bang kalau dikode AC CU-PC7QKJ itu berapa PK bang

    ReplyDelete
  8. Untuk ukuran kamar 6x6 butuh berapa pk bos?

    ReplyDelete
  9. sebelumnya aku pakai ac 1/2 pk Polytron dgn Watt 900 bisa mengunakan.dan skrng ingin ganti AC 1pk Daikin, apkh bs dgn Watt 900 pake 1pk?

    ReplyDelete
  10. Kode ini berapa PK YA AC panasonic
    2PS156D3DA06

    ReplyDelete
  11. Klo mau tahunac itu di buat tahu brp gmn gan? Apa ada kodenya. Tq

    ReplyDelete
  12. klo kodenga national CU-C95kh brp pk?

    ReplyDelete
  13. Sharp R32 model AU-A5UCY berapa PKnya pak?

    ReplyDelete