-->

CARA MENGETAHUI PK AC



Sering kali kita kebingungan dalam menentukan berapa PK AC yang dibutuhkan untuk mampu mendinginkan ruangan, baik ruang tidur, ruang kerja ataupun ruangan yang lain. Hal ini sangat diperhatikan karena sangat erat sekali dengan daya listrik yang kita miliki. Jika Air Condicioner yang kita pasang terlalu besar, terjadi pemborosan pada biaya pembelian dan tenaga yang tersedia tidak efisien dan menjadikan daya listrik yang diserap juga besar. Begitupun jika kita menggunakan unit dengan PK AC terlalukecil, optimalisasi pendinginan akan lama dan kerja unit akan berat.
Sebenarnya PK bukanlah satuan daya pedinginan, namun PK (Paard Kracht/Daya Kuda/) ada ada yang menyebutnya juga dengan HP (Horse Power) adalah satuan daya pada kompresor. Namun masyarakat lebih mengenal PK AC, padahal semestinya untuk satuan daya pendinginan adalah BTU/hr (British Thermal Unit/Hour). Lalu bagaimana cara mengetahui PK AC/BTU sesuai dengan ruanagan yang ada? Sebelum menghitung kita mengkonversikan beberapa satuan
1 PK = 9.000-10.000 BTU/h
1 m2 = 600 BTU/hr
1 m2 = 3.33 kaki jadi 3 m2= 10 kaki (Feet)

Daya Pendingin AC berdasarkan PK AC :
BTU/hr
PK
±5.000
± 7.000
± 9.000
±12.000
±18.000
½
¾
1
2

 Untuk menghitung kebutuhan BTU digunakan rumus:
(W x H x I x L x E) / 60 = kebutuhan BTU
W
=
panjang ruang (dalam feet)
H
=
tinggi ruang (dalam feet)
I
=
nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang


lain). Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).
L
=
lebar ruang (dalam feet)
E
=
nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara; nilai 17 jika menghadap timur;


nilai 18 jika menghadap selatan; dan nilai 20 jika menghadap barat.
Contoh :
Ruang berukuran 3mx6m atau (10 kaki x 20 kaki), tinggi ruangan 3m (10 kaki) tidak berinsulasi, dinding panjang menghadap ke timur. Kebutuhan BTU = (10 x 20 x 18 x 10 x 17) / 60 = 10.200 BTU alias cukup dengan AC 1 PK.
Demikianlah tips dari kami, walaupun ada perbedaan satuan dalam penyebutan dimasyarakat antara satuan PK AC dengan BTU/hr namun semuanya bisa kita siasati dengan rumus diatas. Sehingga tidak lagi kesulitan menentukan kebutuhan PK AC yang sesuai antara besaran ruangan dan kapasitas AC menjadikan pendinginan lebih maksimal dan membuat ruangan menjadi sejuk.
SHARE

Wijaya AC

Air Conditioner, Service AC, Kode Error, AC tidak Dingin, Harga Service AC,Harga AC,Menentukan PK AC, Daya Pendinginan.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment