-->

Penanganan Kompresor AC split



Dalam dunia pendingin kompresor mempunyai peran yang sangan vital. Jika ada masalah atau kerusakan pada kompresor, akan memerlukan biaya yang besar untuk menanganinya. Para pelanggan akan berpikir berulang kali jika kompresornya rusak dan harus menggantinya. Karena harga untuk menggantikan kompresor hampir sebanding dengan AC split bekas masih layak pakai. Mungkin ada baiknya menyimak tips berikut ini untuk membantu penanganan kompresor AC Split, sebulum memutuskan untuk menggantinya.
Penanganan kompresor AC split
Kompresor AC Spilt


  1. Sebelum melakukan pengecekan pada kompresor, cek terlebih dahulu listrik. Apakah sesuai dengan kebutuhannya. Lihat nameplate dalam kompresor (220v – 240v) dan 50 Hz.
  2. Nyalakan mesin pendingin yang akan anda cek, Setting clamp meter atau yang sering disebut pula dengan tang ampere. Selipkan kabel yang terhubung dengan overload switch kedalam lingkar clamp meter. Hasilnya tidak boleh melebihi dari daftar namplet yang ada. Misalkan ampere max adalah 1,5 maka hasil yang diperoleh sama atau sedikit lebih rendah
  3. Cek tekanan menggunakan analiser. Dan perhatikan data nameplate, data tekanan yang dianjurkan.
  4. Tutup kran kecil/kearah dan biarkan kran pipa hisap/pipa besar terbuka. Lihat hasilnya, apakah kompresor bisa vacuum dan ampere dalam keadaan baik?


Jika kompresor tidak menyala, ukur tahanan C, R, S nya menggunakan multimeter. seharusnya akan didapat R+S=C. Ukur pula salah satu dari C, R dan S dengan body kompresor yang tidak tertutup cat. Jika tidak ada resistensinya artinya kompresor anda dalam keadaan baik. Tetapi mungkin dengan kodisi itu kompresor anda tidak mau menyala, ada kemungkinan kompresor AC spit anda macet. Nah ada beberapa tips untuk mengatasinya, ingat tips ini berlaku jika tidak ada shot body. Silahkan coba praktekkan salah satu dari tips ini:
  1. Jika pipa tekan kompresor AC split berada pada posisi atas tengah. Masukkan obeng minus (-) yang  bisa masuk pada pipa. Hati – hati dalam memasukkan, putar obeng jika sudah pas pada poros kompresor. 
  2. Ada juga cara yang agak lebih ektrim, yaitu dengan memukul kompresor dengan martil atau palu. Tapi tidak sembarang memukul. Pukullah kompresor AC Spilt pada bagian benjolan yang berada di samping bawah.
  3. Cara ini agak ribet, pasang running kapasitor dan tambahkan starting kapasitor. Nyalakan dengan sebentar, setelah itu balik lagi rangkaian pada kapasitor anda baik running kapasitor dan starting kapasitor. Lalu rangkai seperti biasa atau normal. Coba nyalakan dan cek tekanan dan ampernya.

Semoga bermanfaat, saku konsumen irit dan teknisi lebih dipercaya dan mendapat order yang banyak.
SHARE

Wijaya AC

Air Conditioner, Service AC, Kode Error, AC tidak Dingin, Harga Service AC,Harga AC,Menentukan PK AC, Daya Pendinginan.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: