-->

Cara mengatasi kebocoran AC

Tidak jarang air conditioner mengalami kebocoran, hal tersebut sangat mengganggu kita. Kita akan membahas bagaiman mengatasi kebocoran dengan mudah dan memungkinkan dilakukan sendiri oleh pemilik unit. Sebelem kita membahas cara mengatasi kebocoran, kita terlebih dahulu mengetahui macam-macam kebocoran pada unit AC. Kalo saya boleh membedakan, kebocoran pada AC ada dua jenis. Diantaranya:
a.       Kebocoran pada pipa instalasi refrigran
Penyebab kebocoran ini bisa karena korosi, terkena benda keras atau karena sambugan kurang erat
b.      Kebocoran pada system pembuangan air/drain
Penyebab pada kebocoran ini biasanya karena tidak lancarnya saluran pembuangan baik karena tersumbat ataupun aliran yang kurang lancar karena beda tinggi.
Tetapi kali ini kita tidak akan membahas kebocoran pada instalasi  refrigran. Karena hal ini perlu penanganan oleh teknisi pendingin yang handal. yang kita bahas adalah kebocoran pada system pembuangan. Yang akan kita bahas adalah mengatasi kebocoran pada system pembuangannya. Karena yang memungkinkan diatasi sendiri.
Untuk bisa mengatasi kebocoran tersebut kita perlu tau faktor penyebabnya:
a.       Posisi Indoor unit Tidak Datar
Indoor unit pemasangannya harus lurus bidang datar, selain karena faktor keindahan/estetika pemandangan. Hal ini untuk menstabilkan/mengkodiskan talang pembuangan yang seimbang agar tidak ada kebocoran. Sehingga untuk masuk ke system outlet pembuangan bisa lancar.
posisi indoor unit AC
Posisi Indoor Unit AC

Cara Mengatasi:
Kondisikan Indoor unit dengan posisi lurus bidang datar, ada baiknya menggunakan waterpass untuk mengukurnya.
b.      Lubang penghubung Indoor dan Outdoor
Lubang yang tidak sesuai mengakibatkan air tidak lancar dan bisa mengakibatkan kebocoran pada ac.
Lubang AC
Lubang penghubung Indoor dan Outdoor

Cara Mengatasi:
Perbaiki lubang, ada baiknya lubang yang laur lebih rendah darri lubang yang luar. Jika harus melepas pipa instalasi. Hubungi teknisi AC, karena memerlukan keahlian khusus.
c.       Ada Penyumbatan pada instalasi pembuangan
Penyumbatan biasanya terjadi karena kotoran yang ada pada unit indoor karena sudah lama tidak dibersihkan/diservice. Debu yang terserap oleh Indoor unit AC, jika terkena dingin akan menjadikan debu tersebut mengental seperti jell. Dan jika jell ini masuk pada pipa pembuangan dan menyumbat. Maka hal ini air akan bocor/menetes pada indoor unit/ruangan.
Cara mengatasi:
Lakukan service perawatan rutin pada AC, setidaknya membersihkan filter 2 minggu sekali dan pencucian keseluruhan pada 3 bulan sekali. Jika sudah terjadi penyumbatan, cek ujung pipa pembuangan. Bisa jadi ujung pipa yang tersumbat oleh batu dll. Atau ikuti langkah dibawah ini:
1.       Matikan AC, sebisa mungkin dari MCB
2.       Buka penutup indoor unit
3.       Cari lubang pembuangan, biasanya berada di bawah sebelah kanan.
4.       Dorong menggunakan benda tumpul (bisa menggunakan kabel yang kaku/selang angin yang ukuran kecil) sembari menyiram dengan air. Hati – hati dalam mendorong, karena justru bisa melubangi pipa pembuangan
d.      Ada pengembunan pada instalasi refrigran ataupun pembuangan
Pengembunan bisa terjadi biasanya karena pembungkus sudah jenuh dengan air atau pipa pembuangan tidak lancar.
Cara mengatasi:
Lakukan pembungkusan ulang pada pipa refrigran dan cari penyumbatan pada pipa pembuangan.

Demikian yang bisa kita bagi, semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan. Tentunya kami masih banyak kekurangan atau kesalahan. Jika terjadi hal – hal yang tidak mungkin dilakukan sendiri, segera hubungi teknisi pendingin untuk menyelesaikannya. Salam dingin dan kesejukan, keluarga nyaman dan sehat.
SHARE

Wijaya AC

Air Conditioner, Service AC, Kode Error, AC tidak Dingin, Harga Service AC,Harga AC,Menentukan PK AC, Daya Pendinginan.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment